Bagaimana pandangan tentang belajar tematik

Kemungkinan tidak semua keluarga homeschooling mengadopsi metode ini (kalau dalam homeschooling dikenal dengan istilah Unit Study Method). Kami sendiri selalu berpegang pada spirit pembelajaran tematik yaitu interkorelasi dan interdependensi setiap disiplin ilmu dalam membimbing HS.

BelajarDengan menanamkan pola pikir demikian sejak dini, pembelajaran tematik kami tidak harus selalu ‘predesigned’ seperti pembelajaran di kelas-kelas yang benar-benar menjalankan metode tematik dengan benar.

Durasi belajar sebuah tema tidak selalu sama tergantung pada banyak hal misalnya: ‘genuine interest’ dari anak, ketersediaan materi belajar, momen, dsb. Bagi kami tidak masalah apakah anak seharian mempelajari satu tema yang sama atau berbeda. Dan tidak masalah juga apabila anak ingin mengulang/memperdalam suatu tema tertentu di kemudian hari. Semua berjalan natural dan pada dasarnya dengan menanamkan pola pikir interkorelasi dan interdependensi antar disiplin ilmu, meskipun terkadang pembelajaran tidak semata-mata dirancang tematik, anak bisa menarik benang merah sendiri atas hal baru yang dipelajarinya dan membuat koneksi sendiri berdasarkan ‘previous knowledge’ yang dimilikinya.

by Ines Setiawan (www.sekolahrumah.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s